Jika berpergian, Beliau meminta dipakaikan celana panjang, karena kondisi fisik sepuhnya lebih merasa nyaman dengan celana panjang, ini sesuatu yang jarang terlihat tatkala beliau muda.
Ketika beliau muda, diceritakan seorang alumni, beliau menghadiri hajatan di suatu daerah. Melihat qori' perempuan yang nembaca qur'an, beliau langsung pulang kembali karena tidak berkenan. Dan saat saya menjadi menantu beliau, saya diminta semaan dihadapan beliau dan santri-santri putri. Tapi keesokan harinya beliau ngendikan : “gimana kalau pakai mik biar semua bisa mendengar?”
Pandangan dan visinya terhadap pendidikan juga terlihat kooperatif, terutama tentang keberadaan ustadz laki-laki yang mengajar di pondok putri. Tatkala besannya KH Fuad Amin sowan ke beliau untuk diperkenankan didirikan madrasah diniah Takhosus Putri dengan diperkenankannya ustadz laki-laki sebagai pengajarnya , mbah walid ngendikan : ' ya wes bokat wes zamane '... Hal lain adalah ketika ponakan-ponakan beliau meminta doa restu ketika hendak melanjutkan pendidikan di Timur Tengah, beliau mendukungnya dan hanya berpesan : “besuk ne wes teka sing kana, aja maedo (manglo) apa kang wes dadi keyakinanku ya..” (sebagaimana yg dituturkan KH. Udaib Malaysia, red)
Siapapun yang mengenal sosok beliau, tidak lagi meragukan keistiqomahannya dalam amal ibadah. Meski sering udzur karena usia lanjut tidak menghentikan keajegan beliau terhadap qiyamulail. Beliau selalu mutholaah kitab didepan ndalem wetan pada jam 1.30 dan langsung menuju ke ndalem kulon dengan kunci duplikat yang dibawanya tepat jam 2.30 untuk salat malam hingga adzan subuh dan duduk di depan rumah menunggu santri yang bersiap-siap jama'ah. Kebiasaan tersebut berjalan bertahun-tahun, ini dibuktikan banyaknya buku agenda beliau yang berisi kutipan-kutipan catatan penting tentang hukum, doa, dan masalah khilafiyah dengan disertai rujukan kitab-kitab serta halamannya sebagai hasil mutholaah yang ditekuninya. Meskipun begitu beliau tetap tidak meninggalkan aktifitasnya mulang dan ngajari santri di pagi dan siang hari.
Itulah sosok walid umar, keikhlasan, istiqomah dan kezuhudannya memunculkan karomah dan keberkahan dalam hidupnya. Banyak 'ibrah yang mesti ditiru santrinya2 terutama tentang kedisiplinan dan keajegannya yang selalu dibarengi ikhlas dalam pengabdian membesarkan Pondok Pesantren Kempek.
Melihat perjalanan hidup beliau tersebut diatas sejatinya perubahan itu selalu niscaya, dan walid telah memulai dengan mengajarkannya untuk kita dengan tidak saklek. Walid merespon zaman dan tidak mau menyulitkan dengan cara yang bijak sambil tetap berpegang teguh pada nilai-nilai:
المحافظة على القَديم الصَالح والأخذ بالجديد الاصلح
Semoga kita diberikan Allah anugrah dan hidayah agar dapat menteladani amal shaleh beliau, meski tidak melihatnya langsung. Jangan takut untuk berbuat ikhlas, jangan khawatir ikhlas akan mengantarkan pada kerugian. Berkaca dari kehidupan walid Umar, meski beliau sudah tidak ada semenjak 18 tahun yang lalu, maqbarohnya tidak pernah sepi pengunjung. Semua karena khidmah dan amal jariahnya. 'Allah' 'alam. Oleh Ny. Hj. Afwah Mumtazah