PP. Putri Aisyah Kempek Cirebon Gelar Khataman Al-Qur'an bil Ghoib, bil Nazhri dan Juz'Amma



hataman qur'an kempek
Khotimat Al-Qur'an Bil Hifdzi Dan Bin Nadzri
Kempek, - Kempek-online.com

Cirebon, Kempekonline - Pondok Pesantren Putri (PPP) Aisyah Kempek Cirebon kembali menggelar Khataman Al-Quran bil ghoib, bil nazdzri dan Juz'Amma. Sekaligus memperingati Haul KH.Umar Sholeh. Acara Khataman berlangsung lancar dan khidmat di halaman PPP Aisyah Kempek, Cirebon, Senin (5/9).

Tamu berdatangan begitu antusias menyaksikan acara, terlihat kursi-kursi tamu telah dipadati wali santri yang ingin menyaksikan anak-anaknya tampil di panggung. Di deretan kursi Nyai tampak Umi Afwah pengasuh PPP Aisyah sedang duduk bersama Nyai-Nyai lainnya seperti, Nyai Iin Muksinah (Istri Alm. KH. Ahsin Syifa), Nyai Titim Fatimah (Istri KH. Ni'amillah), Nyai Asmaul Husna ( Adik Umi Afwah yang berasal dari Babakan), Nyai Fatimah dan Nyai Nafisah.

hataman quran pondok kempek
Setiap tahun terdapat perubahan yang sangat signifikan dalam penyelenggaraan acara khataman. perubahan tersebut biasanya terlihat dari pakaian para khotimat Al-qur’an yang setiap tahunnya berubah mengikuti perkembangan zaman. Selain dari pakaian, perubahan juga terlihat dari jumlah khotimat yang selalu bertambah. Tahun ini jumlah khotimat Alqur’an Bilghoib adalah 3 orang, sedangkan khotimat Alqur’an Bil nazhri  52 orang dan khotimat juz’amma 126 orang.

Acara dimulai pada jam 13:00 WIB, dengan pembacaan Alfatihah kemudian dilanjutkan dengan sholawatan yang dibawakan oleh saudari Alfa Luthfia, Ninik dan Ashfia. Usai pembacaan sholawat dilanjut dengan acara sambutan wali santri yang disampaikan oleh H.Nur Kholis.

Khotimat Juz 'Amma
“Anak-anak kita (khotimat) baru mencapai tahap bisa membaca Al-qur’an belum mencapai tahap memahami ataupun mengamalkan maka dari itu para santri yang telah menghatamkan Alqur’an jangan berhenti untuk belajar dan sebaiknya melanjutkan pendidikannya lagi", ujar H. Nur Kholis dalam sambutannya.
Baca juga : Khatam Al-Qur’an Itu Bagus, Memahami dan Mengamalkannya Jauh Lebih Bagus
Selanjutnya, ia berpesan dalam mendidik anak jangan hanya sekedar bisa membaca tapi mampu memahami dan menjaganya terutama bagi yang menghafalkan Al-qur'an. Demikian sampai pada acara inti yaitu penampilan para khotimat membacakan ayat-ayat suci Al-Qur'an, dan acara berakhir pada jam 16:30 WIB lalu ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Umi Afwah Mumtazah. (Siti Jubaidah / Nur Afifah)

Post a Comment