Q8kJ7IJX2ofCtqiT3cRtmv6yIJqPz134CnCrZZ01

Menu Navigasi

Kempek Online

Media Dakwah Santri NUsantara

Iklan Sidebar

Trending

Tega: Kunci Utama Memondokkan Anak

Dari kiai Anwar Manshur Lirboyo, kita belajar tentang tiga kunci penting belajar ilmu agama. “Syarate wong ngaji iku telu (syarat orang mengaji -belajar agama- itu ada tiga),” tutur beliau dalam rekaman suara yang banyak tersebar.

cara agar anak mau mondok di pesantren
Santri Baru Ponpes Kempek

Syarat pertama yaitu gurunya harus bersungguh-sungguh kalau mengajar.

Kedua, orangtuanya memberi nafkah dan mendoakan juga bersungguh-sungguh.

Dan yang terakhir, anaknya yang mencari ilmu pun harus bersungguh-sungguh. Beliau memperingatkan kalau salah satu dari tiga komponen tersebut tidak dipenuhi, maka si anak tidak akan berhasil dalam mencari ilmu.

Di sini lah peran orangtua begitu penting. Karena mereka tidak bersinggungan langsung dengan si anak, terlebih di pondok pesantren. Sebenarnya peran ini ditentukan di awal tahun ajaran baru.

Di momen ini tak banyak orangtua yang bisa sukarela mendapati anaknya harus berpisah dengan keluarga di usia yang sangat belia.

Para santri bakal hidup sendiri jauh dari orang tua. Di titik ini orangtua bakal sadar bahwa mereka telah berpisah, meski untuk sementara waktu. Sadar si anak sudah tak bisa dibelai-belai lagi. Tahu betul kalau anaknya berada di lingkungan baru yang tak sedamai di rumah. Dan nantinya si anak bakal kangen dan telepon ke rumah.

Meski tak tega, orang tua bakal menasehati si anak agar sabar. Karena mereka anaknya di pondok bukan untuk dibuang, tapi dididik agar menjadi anak saleh.

Para santri di pesantren tak akan dibiarkan terlantar. Tidak akan bodoh karena tidak ikut seminar ini dan itu. Tidak akan tertinggal karena jarang pegang gawai. Insya Allah santri akan dijaga oleh Allah karena merekalah para penjaga Al-Quran.

Lebih baik orangtua menangis di awal karena berpisah sementara, dari pada menyesal di kemudian hari karena si anak lalai dalam urusan akhirat.

Maka, kalau sudah memondokkan anaknya orangtua harus tega dengan segala konsekuensinya. Karena pesantren adalah medan pendidikan dan perjuangan.

Santri itu beribadah dengan menuntut ilmu. Mereka selalu diajarkan untuk mendoakan orangtuanya. Mereka juga didik menjadi manusia yang berakhlakul karimah.

Oleh : Much Didi Junaedi

Related Posts
Kempek Online
Media Informasi Pondok Pesantren Kempek

Related Posts

Posting Komentar