Q8kJ7IJX2ofCtqiT3cRtmv6yIJqPz134CnCrZZ01

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Mejelang acara Khataman di Pondok Al-Munawiroh


KEMPEK - Dalam sebuah moment bahagia itu perlu adanya persiapan sebelum hari “H,” layaknya pengantin, Calon Khotimatul Qur’an dan Juz amma’ di Pondok Pesantren Al-Munawiroh mempunyai tradisi dan amalan yang perlu dilakukan sebelum hari pelaksanaan khataman dimulai.

Nah kemudian mengingat hitungan hari yang semakin dekat dengan pelaksanaan khataman, persiapannya pun tentu semakin matang. Dengan jumlah Calon Khotimatul Qur’an 43 santri dan juz amma’ 65 santri yang masih berlatih tiap minggunya.

Yakni dimulai dari latihan berbaris dan tampil di depan semua orang, kemudian melatih bacaan ayat Al-Qur’an dan Juz amma’ yang akan dilantunkan dengan barisan masing-masing pun telah dijadwalkan satu kali dalam seminggu. Yakni setiap hari jum’at sejak pukul 08.00-11.30.

Jika sudah 7 hari menjelang acara khataman, maka latihannya akan ditambah lagi pada waktu yang berbeda, yaitu malam senin, selasa, dan rabu, pukul 19.30 – 21.30, begitulah penjelasan dari Mbak Opi, selaku senior yang biasa melatih para calon khotimat.

Tidak hanya itu, ada hal lain yang harus dilakukan Calon Khotimat seperti melaksanakan sholat sunnah hajat berjama’ah yang dipimpin langsung oleh Ny.Hj. Sumarni yang biasa dipanggil Kang Yum. Selain itu, para Khotimat juga dianjurkan untuk berpuasa pada hari Senin sampai Kamis. Sholat dan puasa sunah yang dilakukan ini sudah menjadi kebiasaan sebelum acara khataman dimulai.

“Semua itu dilakukan supaya hajatnya / acaranya berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik dan tidak ada hambatan entah itu dari lemahnya fisik atau non fisik.” Begitu tutur mbak Opi kepada admin.

“Ada juga kebiasaan sebelum pelaksanaan khataman itu dengan rutin membaca surat-surat tertentu, dan setiap kamis sore membaca surat Al-Waqiah bersama sebanyak 7x.” Tambah Mbak Husnul Khofifah.

Santri yang mengikuti khataman di Pondok Al-Munawiroh itu juga bukan hanya dari Al-Munawiroh itu sendiri, melainkan ada pula dari Pondok Al-Husna dan Pondok Darul Ilmi, yang diasuh oleh Ny. Aminah dan Ny. Nafisah.

Menghatamkan Al-Qur’an itu sendiri bertujuan untuk mendapatkan syafa’at atau penolong di hari kiamat bagi para pembacanya. Dalam hal ini perlu adanya persiapan yang matang supaya para Calon Khotimat bisa dengan lancar melaksanakan prosesi khataman Al-Qur’an yang akan di selenggarakan oleh pihak Pondok Pesantren Al-Munawiroh.

Dengan adanya tulisan ini, maka diinformasikan kepada Wali Santri, Alumni, dan Simpatisan Pondok Pesantren Kempek, insyaallah (laulal ‘udzur) acara Tasyakur Khotmil Qur’an & Juz’amma Pondok Pesantern Putri Al-Munawwiroh Kempek akan dilaksanakan pada:

Hari : Ahad
Tanggal : 8 Maret 2020 M / 13 Rajab 1441 H
Pukul : 08:00 - selesai
Tempat : Pondok Pessantren Putri Al-Munawwiroh Kempek Cirebon

Sekian informasi ini kami sampaikan, atas kehadirannya kami ucapkan terima kasih.
Related Posts
Kempek Online
Media Informasi Pondok Pesantren Kempek

Related Posts

Posting Komentar