Q8kJ7IJX2ofCtqiT3cRtmv6yIJqPz134CnCrZZ01

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Ikhtibar Santri Putra Pondok Pesantren Kempek

tes tulis pon pes kempek cirebon


KEMPEK - Tes tulis atau ikhtibar Lajnah At-tarbiyah Wat-ta’lim Wat-tsaqafah (Lajnah T3) Pondok Pesantren Kempek tahun ini telah dimulai sejak Senin (29/3) hingga Kamis nanti.

Ikhtibar sendiri berasal dari serapan bahasa Arab, lafadz اختبا ر yang berarti pengujian atau ujian berupa tes lisan maupun tulis yang selalu dilakukan setiap akan kenaikan kelas di pondok.

Lembaga yang didirikan pada tahun 1995 ini awalnya sebagai pendukung pengajian di pesantren. Akan tetapi pada tahun 2009 dipimpin oleh K. Ahmad Chakim Hisyam lajnah menjadi pengajian  wajib bagi santri.

Agus Salim sebagai ketua Lajnah LT3 mengatakan, “Tes ini dilakukan dengan harapan agar murid maupun ustadz mendapat tolak ukur kemampuan belajar dan mengajar. Selain ini, juga berharap agar selalu ada evaluasi pembelajaran yang lebih efisien lagi.”

Mengingat wabah covid-19 yang semakin meluas dan mengakibatkan beberapa wilayah di Lockdown, salah satunya JABODETABEK yang akan di lockdown pada tanggal 1 April 2020.

Hal tersebut membuat pihak pondok pesantren mempercepat ikhtibar khusus bagi santri yang yang berasal dari JABODETABEK.

Namun santri tidak diperkenankan pulang sendiri menggunakan angkutan umum. Akan tetapi wajib dijemput oleh pihak keluarga. Langkah ini diterapkan sebagai salah satu upaya meminimalisir santri terpapar virus saat dalam perjalanan pulang. (TimRedaksi)
Related Posts
Abdul BaQi
Executive Dokumenter Di Redaksi Kempek Online.

Related Posts

Posting Komentar