Q8kJ7IJX2ofCtqiT3cRtmv6yIJqPz134CnCrZZ01

Menu Navigasi

Kempek Online

Website Resmi Pondok Pesantren Kempek Cirebon

Iklan Sidebar

Trending

Ust. Hasan Azizi: Pentingnya Shalat Berjamaah

KEMPEK - Bagi santri Pondok Pesantren Kempek shalat berjamaah menjadi suatu hal yang ditekankan. Selain banyak hadist yang menerangkan tentang keutamaan shalat berjamaah, di kempek juga menjadi sebuah tradisi. Apalagi bagi santri baru harus berjamaah selama 41 hari berturut-turut tanpa tertinggal takbirnya imam. Jika tertinggal maka harus mengulang dari awal lagi.

Pentingnya Shalat Berjamaah
Foto Dokumentasi

Perihal shalat berjamaah ini disinggung langsung oleh Ust. Hasan Azizi saat memberikan pengajian rutinan kepada santri baru di Asrama Manunggaling Bangsa pada Sabtu Sore (23/1/21).

Ia menjelaskan bahwa keutamaan shalat berjamaah ini sangat banyak sekali.

“Hadist yang menjelaskan tentang keutamaan shalat berjamaah ini sangat banyak sekali apalagi bagi orang yang shalatnya di barisan pertama. Bahkan ada yang menjelaskan bahwa derajatnya orang yang shalat di barisan kedua itu tidak bisa mengalahkan derajatnya orang yang shalat di barisan pertama. Walaupun sama melaksanakan shalat berjamaah.” jelas Ust. Azizi.

Ia juga menambahkan santri yang terbiasa shalat berjamaah selama 41 hari konsisten menjaga shalat jamaahnya maka akan terbiasa melakukan hal-hal baik lainnya. Karena tolak ukur melakukan sesuatu secara istiqomah atau konsisten ialah selama 41 hari.

Selain memotivasi santri baru agar giat melaksanakan shalat berjamaah, Ia juga langsung mempraktekkan tata cara shalat yang baik dan benar. Karena masih banyak santri-santri baru yang belum memiliki bekal dari rumah.

Terakhir, Ust. Hasan Azizi berpesan kepada seluruh santri agar rajin untuk shalat berjamaah. Apalagi shaf awal. Ia menceritakan santri dahulu karena ingin berada di barisan pertama saat shalat berjamaah, ia menyiapkan sajadahnya terlebih dahulu agar tidak ada yang menempati shaf awal.

“Santri dulu yang ingin berada pada barisan pertama saat shalat berjamaah, ia mem-booking tempatnya dengan meletakan sajadah di barisan pertama. Ini untuk menandakan bahwa tempat itu sudah dimilikinya.” tambahnya.
(TimRedaksi)

#keutamaanshalatberjamaah

Related Posts
Kempek Online
Media Informasi Pondok Pesantren Kempek

Related Posts

Posting Komentar

Copyright © 2017 - , Kempek Online
Situs ini dikelola oleh Tim Redaksi Website Pondok Pesantren Kempek